Review Rumah Batu Alam : Jenis Batu Alam dan Tips Merawatnya

October 19, 2017BlogLeave a reply

Rumah Batu alam memang sangat indah dan unik apabila diaplikasikan ke dalam bangunan rumah impian anda. Batu alam ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu batuan lavastone (lava) dan batuan sandstone ( pasir). Batu sandstone dibentuk dari proses sedimentasi pasir yang membeku. Batuan lavastone terbentuk karena pendinginan lavar yang keluar dari gunung berapi. Perbedaan dari kedua batu tersebut adalah sandstone berpori kecil sedangkan lavastone memiliki sifat yang keras dan padat. Lalu apa saja jenis batu yang digunakan untuk dinding rumah anda?

Jenis jenis batu alam untuk material rumah

Apabila anda bingung batu yang cocok bagi mempercantik rumah anda, anda bisa memilih jenis batu di bawah ini sebagai pilihan material rumah anda.

1. Batu candi merah

Batu candi yang berwarna merah ini bisa anda temukan di Cirebon. Memang apabila kita temukan, biasanya batu candi akan berwarna hitam. Jenis batu candi merah ini memiliki sifat yang keras dan kokoh. Selain itu pori porinya besar dan sangat mudah menyerap air. Biasanya batu ini dipasang pada dinding pagar atau bisa digunakan untuk mempercantik taman anda.

2. Batu andesit

Jenis batu ini memiliki sifat keras dan tidak mudah untuk tergores oleh benda benda yang tajam. Hal ini sangat cocok untuk mempercantik bagian luar rumah anda atau pada eksteriornya. Warna batu ini cenderung gelap dan terkesan elegan.

3. Batu cupang merah

Batuan ini termasuk kepada jenis sandstone yang sangat langka. Apabila anda melapisi atau memberi cat pada batu ini, batu akan berubah menjadi merah. Batu ini sangat cocok untuk dinding rumah anda.

4. Batu putih

Batu ini juga merupakan jenis sandstone yang memiliki warna yang putih. Batu ini memang butuh perawatan yang lebih, karena warna putih yang cepat kotor. Batu ini memang memunculkan kesan klasik yang digunakan untuk kolam rumah anda.

5. Batu palem

Warna dari batu ini lebih kepada warna kuning dan dominan kecokelatan. Batu pale mini tepat diaplikasikan pada dinding luar ruangan anda.

6. Batu paliman

Batu paliman ini hampir sama dengan batu palem. Jenis batu ini memiliki sifat yang lunak dan juga padat. Batu ini cocok untuk diaplikasikan di interior maupun eksterior rumah anda.

Tips cara merawat batu alam

Batu alam merupakan bagian yang mencolok di dalam rumah batu alam anda. Oleh karena ornamen inilah yang membuat kesan rumah menjadi indah. Tidak semua batu dapat terawat dengan sendirinya, banyak batu yang memang membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Masalah yang sering muncul yaitu berlumutnya batu. Oleh karena itu, apabila anda menginginkan batu anda tidak cepat rusak dan pudar, sebaiknya anda melakukan beberapa tips berikut.

1. Apabila banyak debu dan kotoran lainnya

Cara yang paling mudah untuk membersihkan debu di dalam batu ini dengan cara sabun cuci dan gosoklah dengan sikat agar kotoran debu hilang dengan seketika.

2. Apabila adanya lumut

Lumut memang sangat sulit untuk tidak muncul pada batu alam ini. Kondisi yang lembab menyebabkan mudahnya lumut menempel dan tumbuh semakin banyak. Oleh karena itu, gunakan sikat untuk membersihkannya lalu siramlah dengan air. Tetapi apabila lumut sangat susah dihilangkan, anda bisa menggunakan pembersih keramik.

3. Lapisilah batu

Selain cara yang manual, anda bisa melindungi batu anda dengan cara melapisinya atau coating. Coating merupakan cara yang simpel dan tidak repot dalam merawat batu. Apabila anda merasa bahwa coating mulai pudar, anda bisa melapisinya lagi

Perindah bangunan anda dengan ornamen yang pas sehingga rumah batu alam anda menjadi cantik, sejuk dan unik.

About author:

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome